Friday, February 24, 2017

Jenis Jenis Hepatitis Yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Jenis Hepatitis Yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Jenis Hepatitis. Penyakit hepatitis merupakan kondisi medis yang disebabkan oleh adanya peradangan pada hati. Hati atau liver adalah organ penting dalam tubuh yang memiliki beberapa fungsi, diantaranya : mengatur metabolisme, membuat protein, menyimpan vitamin dan zat besi, mengeluarkan racun, dan memproduksi empedu.
Bisa kita lihat betapa pentingnya fungsi hati dalam keberlangsungan hidup manusia. Maka jika hati tidak berfungsi dengan baik, berbagai penyakit serius akan menyerang tubuh. Hepatitis dapat disebabkan oleh infeksi virus, bahan kimia, alkohol, penggunaan obat-obatan dan faktor lainnya.

Ada beberapa jenis hepatitis. Jenis-jenis hepatitis ini dilihat dari penyebab serta cara penularannya. Berikut penjelasannya dibawah ini :

Hepatitis A

Virus hepatitis A (HAV) ditularkan melalui jalur oral faekal, baik melalui kontak orang ke orang atau menelan makanan atau aor yang terkontaminasi virus tersebut. Biasanya, infeksi dari jenis hepatitis A terjadi pada kasus-kasus ringan.
Orang yang terinfeksi virus ini biasanya cepat pulih dan kebal jika terinfeksi virus ini lagi. Namun, infeksi HAV juga dapat mengancam jiwa. Beberapa orang yang tinggal di kawasan dengan sanitasi buruk dapat terinfeksi virus ini.

Hepatitis B

Hepatitis B (HBV) ini ditularkan melalui kontak dengan darah orang yang terinfeksi, air mani dan cairan tubuh lainnya. HBV dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayi pada saat lahir. Penularan juga dapat terjadi melalui transfusi darah dan produk darah yang terkontaminasi, suntikan yang terkontaminasi selama prosedur mesid dan melalui penggunakan suntikan narkoba secara bergantian.

Hepatitis C

Hepatitis C (HCV) pada umumnya ditularkan melalui darah. Hal ini bisa terjadi melalui transfunsi darah dan produk darah yang terinfeksi HVC, suntikan yang terkontaminasi selama prosedur menis dan berbagai jarum suntikan dikalangan narkoba.
Penularan melalui hubungan seksual juga mungkin terjadi, tetapi jarang. Sayangnya, tidak ada vaksin untuk mengatasi virus hepatitis C ini. Dan yang lebih parahnya lagi, hepatitis C dapat menyebabkan kanker pada manusia.

Hepatitis D

Hepatitis D (HDV) merupakan infeksi terjadi secara eksklusif pada orang sudah terinfeksi hepatitis B. Infeksi ganda antara HDV dan HBV dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius. Namun demikian, penggunakan vaksin hepatitis B dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi HDV.

Hepatitis E

Hepatitis E (HEV) sebagian besar ditularkan melalui konsumsi air atau mekanan yang terkontaminasi. HEV merupakan penyebab umum dari wabah hepatitis.

Itulah informasi tentang jenis jenis hepatitis yang perlu anda ketahui. Jika anda sudah mengetahui apa saja jenis-jenisnya, maka untuk melakukan pengobatannya pun pasti mudah. Semoga bermanfaat :)

Baca : Obat Hepatitis

No comments:

Post a Comment