Friday, February 10, 2017

Penyebab Asam Lambung Naik Pada Ibu Hamil

Penyebab Asam Lambung Naik Pada Ibu Hamil

Penyebab Asam Lambung Naik Pada Ibu Hamil. Banyak hal yang akan dialami oleh seorang wanita ketika sedang hamil, salah satunya ialah asam lambung naik ke dada atau yang lebih dikenal dengan sebutan heartburn.
Heartburn sendiri merupakan kondisi kesehatan seseorang dimana mengalami sensasi terbakar dan tidak nyaman di dada akibat naiknya cairan asam lambung. Selain rasa terbakar di dada, bumil juga kerap merasakan seperti ditusuk-tusuk benda tajam didaerah ulu hatinya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bumil mengalami masalah heartburn, diantaranya karena makanan yang sudah berada didalam lambung terdesak kearah kerongkongan atau yang lebih dikenal dengan naiknya asam lambung ke daerah kerongkongan akibat rahim yang semakin membesar. Sehingga dapat menimbulkan iritasi pada dinding kerongkongan karena makanan sudah bercampur dengan asam lambung yang bersifat asam.

Asam Lambung Naik Pada Ibu Hamil

Bukan masalah heartburn atau asam lambung naik ke dada, ibu hamil juga dapat mengalami beberapa masalah lain seperti mual dan muntah, kelainan metabolisme tubuh, kehilangan nafsu makan dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, para wanita yang sedang mengandung atau hamil lebih disarankan untuk selalu makan minimal per 2 jam. Hindari juga cemilan yang mengandung lemak karena dapat membuat produksi asam lambung meningkat. Perbanyak mengkonsumsi buah karena lebih mudah diserap tubuh.

Para dokter ahli mengatakan, jika wanita hamil mengalami gejala heartburn bisa mengkonsumsi sebuah obat yang bersifat antasida yang berfungsi menetralisasi asam lambung. Namun perlu anda ketahui dulu bahwa obat tersebut tidak lah menyembuhkan asam lambung naik secara tuntas melainkan hanya menghilangkan gejalanya saja dan sewaktu-waktu dapat kembuh lagi.

Mungkin sampai disini saya pembahasan saya tentang penyebab asam lambung naik pada ibu hamil. Semoga bermanfaat dan terus jaga kesehatan anda agar bayi yang ada didalam kandungan anda juga ikut sehat, Terimakasih :)

No comments:

Post a Comment