Thursday, February 23, 2017

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Kolesterol Tinggi. Khusus untuk anda yang sekarang ini menderita kolesterol tinggi, wajib dan harus benar-benar memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Karena jika tidak, kolesterol yang ada dalam diri anda akan semakin tinggi dan pastinya membahayakan kesehatan anda.
Zat lemak dalam darah ini memang tetap kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun jika kadar kolesterol dalam darah kita terlalu banyak atau berlebihan maka dapat merusakan kesehatan tubuh kita terutama organ-organ vital seperti jantung dan otak.

Selain dari hasil metabolisme tubuh, kolesterol juga bisa didapat dari makanan. Hampir setiap makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung lemak. Karena kolesterol juga didapat dari makanan, anda khususnya penderita kolesterol tinggi harus benar-benar menjaga asupan makanan sehari-hari.

Dibawah ini ada beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol, diantaranya :
  • Beras Dan Biji-bijian
    Ini merupakan jenis makanan bebas kolesterol yang banyak tersedia dan bahkan menjadi makanan pokok. Kacang, beras dan roti banyak mengandung pati dan hanya memiliki sedikit atau tidak ada kolesterol didalamnya. Namun dengan catatan, tidak ada penambahan bahan yang mengandung lemak selama pengolahan.
  • Kentang
    Selain roti dan kacang, kentang juga salah satu makanan yang bebas kolesterol. Namun anda juga harus tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi kentang, karena kentang kebanyakan disajikan dalam bentuk kentang goreng yang memiliki kandungan kolesterol yang sedikit namun tinggi lemak. Jika anda mengkonsumsi kentang, anda bisa mengolahkan terlebih dahulu menjadi kentang panggang.
  • Jamur
    Makanan yang baik untuk penderita kolesterol yang ketiga adalah jamur. Seperti kentang, jamur akan menjadi makanan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi jika dalam pengolahannya tidak menggunakan bahan yang mengandung lemak berlebihan.
  • Ikan
    Banyak jenis ikan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi, salah satunya ikan tawar. Ikan tawar memiliki asam lemak omega-3 yang sangat tinggi sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Meskipun baik, anda tetap harus memperhatikan pengolahan ikan tersebut. Pengolahan ikan yang bisa anda lakukan ialah dengan cara di panggang dan kukus. Hindari pengolahan ikan dengan cara di goreng.
  • Alpukat
    Selain rasanya yang enak dan banyak orang yang menyukainya, alpukat juga merupakan makanan sehat yang dapat menurunkan kolesterol karena mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal sehingga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan sambil menurunkan kada kolesterol jahat. Tidak hanya itu saja, kolesterol juga memiliki beta-sitosterol yang merupakan lemak nabati menurunkan kolesterol yang diserap dari makanan.
Demikianlah beberapa makanan yang biak untuk penderita kolesterol tinggi yang bisa kami sampaikan. Jika anda tidak ingin kolesterol dalam darah anda semakin tinggi, maka anda harus tetap menjaga asupan makanan anda. Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment