Thursday, February 23, 2017

Penyebab Flek Hitam Di Wajah Yang Sulit Hilang

Penyebab Flek Hitam Di Wajah

Penyebab Flek Hitam Di Wajah - Banyak wanita yang beranggapan bahwa jika flek hitam disebabkan oleh kulit yang kering dan berminyak. Padahal sesungguhnya hal itu belum tentu benar. Selain itu, flek hitam umumnya menyerang wanita dalam keadaan mestruasi dan sebelum haid. Banyak hal yang menjadi faktor penyebab flek hitam dikulit, seperti faktor hormon, generik, sinar UV, serta pemakaian kosmetik sehari-hari.
Flek hitam akibat sinar matahari yang sering kita lihat dapat berupa freckles dan melasma. Fleckles tersebut terjadi karena sun spot akibat paparan sinar matahari sedangkan melasma berupa bintik-bintik hitam yang dihasilkan dari kombinasi sinar matahari dan hormon. Flek hitam pada wajah dan dada sering ditemukan pada jenis kulit berwarna cerah. Jika tidak segera dirawat, flek mungkin bertambah banyak dan melebar.

Dan berikut dibawah ini beberapa penyebab timbulnya flek hitam di wajah :
  • Paparan sinar ultraviolet
    Setiap kali kamu berjemur tanpa tabir surya dan membiarkan kulit terkena sinar UVA dan UVB yang berbahaya bahkan saat berteduh kulit belum terlindungi. Sinar UVA cukup kuat untuk menembus kaca yang berarti mengendarai mobil dalam kendaraan tertutup masih beresiko terkena sinar UVA dari jendela.
  • Penggunaan kosmetik
    Beragam kosmetik berdar di pasaran menjadi penyebab flek hitam di wajah terutama kosmetik yang mengandung parfum, zat pewarna atau bahan-bahan kimia tertentu yang dapat menimbulkan fotosensitivitas. Yaitu keadaan kosmetik yang dipakai menjadi sensitif terhadap sinar matahari.
  • Obat-obatan
    Obat-obatan juga dapat menjadi pemicu timbulkan flek hitam di wajah. Jika seseorang menggunakan obat-obatan difenihidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatik dan minosiklin flek hitam dapat muncul. Termasuk pil KB yang memiliki efek samping berupa flek hitam pada kulit. Obat-obatan dan pil KB akan berpengaruh terhadap hormon yang bertanggung jawab atas hiperpigmentasi atau flek hitam yang terlihat pada kulit.
  • Pengaruh hormon
    Hormon telah jelas menjadi penyebab flek hitam di wajah. Hormon tersebut diantaranya estrogen, progesteron dan MSH. Pigmentasi akibat hormonal biasanya terjadi pada ibu hamil ketika trisemester ketiga.
  • Faktor genetik
    Pigmentasi juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan dan genetik. Hasil penelitian menunjukan flek tampak karena faktor keluarga yang mempengaruhi sekitar 20 sampai 70 persen.
Jadi itulah beberapa penyebab munculnya flek hitam di wajah beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment